About

Bu Desi Guru Edukatif, Nalar kritis, Inspiratif, Unik, dan Santun

Halaman

Senin, 16 Oktober 2023

INOVASI PEMBELAJARAN (DISTARO SI CANTIK)

 INOVASI PEMBELAJARAN

"PEMBELAJARAN DISTARO SI CANTIK"

(Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Station Rotation
Berbasis Kecanggihan TIK)

Praktik baik yang saya sajikan dalam video ini, merupakan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan model Station Rotation berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK). Pembelajaran berdiferensiasi dipilih karena saya melihat adanya perbedaan profil belajar peserta didik. Kemudian melalui station rotation, pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan dan dapat mengakomodir kebutuhan peserta didik.

Pembelajaran ini saya integrasikan dengan kecanggihan TIK. Platform TIK yang saya manfaatkan antara lain: YouTube, Instagram, Wordwall, dan Quizizz.

 

Materi pembelajaran         : Bagian Mata dan Fungsinya

Fase / Kelas                      : C / V

Tujuan Pembelajaran        : Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian mata dan fungsinya.

Langkah-langkah           :

1. 1. Guru mengobservasi profil dan kesiapan belajar murid terhadap materi yang akan dipelajari melalui asesmen awal pembelajaran.

2. 2. Guru memilih strategi serta media pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan murid.

a.    Memilih Strategi: Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Station Rotation

Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Station Rotation adalah suatu pendekatan pembelajaran di mana siswa berpindah secara berputar antara berbagai stasiun atau pusat kegiatan yang disusun untuk memenuhi kebutuhan belajar mereka yang berbeda. Konsep ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan tingkat pemahaman, kecepatan, dan gaya belajar unik setiap murid.

Proses pembelajaran Station Rotation melibatkan beberapa stasiun atau pusat pembelajaran yang dirancang untuk mengajarkan atau memperkuat pemahaman materi. Setiap stasiun yang saya siapkan, menawarkan jenis kegiatan yang berbeda. Murid berputar antara stasiun-stasiun ini dalam kelompok kecil (3 – 4 orang), tergantung pada kebutuhan pembelajaran mereka.

Beberapa elemen kunci dari pembelajaran berdiferensiasi melalui Station Rotation melibatkan:

-    Rotasi Murid: Murid beralih antara stasiun-stasiun pembelajaran sesuai dengan jadwal atau petunjuk guru. Rotasi ini dapat terjadi dalam satu sesi pembelajaran atau selama beberapa sesi (tergantung jumlah murid di kelas).

-    Pembelajaran Berbasis Pilihan: Stasiun-stasiun biasanya menawarkan berbagai pilihan kegiatan atau materi pembelajaran. Murid dapat memilih stasiun yang paling sesuai dengan gaya belajar atau tingkat pemahaman mereka.

-   Diferensiasi Instruksional: Setiap stasiun dapat menyediakan tingkat kesulitan atau bahan yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan murid. Guru dapat menyesuaikan instruksi untuk mengakomodasi tingkat pemahaman yang beragam di kelas.

-   Kerjasama Kelompok: Station Rotation dapat melibatkan kerjasama antara murid dalam kelompok kecil di beberapa stasiun, memungkinkan mereka saling membantu dan belajar dari satu sama lain.

- Teknologi: Penggunaan teknologi dapat memperkaya stasiun-stasiun pembelajaran, misalnya dengan mengintegrasikan perangkat lunak pembelajaran online, simulasi, atau multimedia.


Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Station Rotation memberikan kesempatan bagi murid untuk mengontrol sebagian besar kecepatan dan pendekatan pembelajaran mereka, sambil tetap terlibat dalam bimbingan guru. Pendekatan ini dapat meningkatkan motivasi murid, memberikan pengalaman belajar yang lebih relevan, dan menciptakan lingkungan yang mendukung keberagaman dalam kelas.


b.    Menyiapkan Media Pembelajaran

Beragam media pembelajaran yang saya sajikan di kelas adalah sebagai berikut:

-       Stasiun 1: Video pembelajaran “Bagian Mata dan Fungsinya” melalui platform YouTube

-       Stasiun 2: Lagu pembelajaran “Bagian Mata dan Fungsinya” melalui platform Instagram

-       Stasiun 3: Edugame melalui Wordwall “Bagian Mata dan Fungsinya” melalui platform Wordwall

3.    3. Menyiapkan soal asesmen

                 Asesmen dilakukan pada akhir pembelajaran. Guru menyiapkan soal asesmen                 sumatif menggunakan aplikasi Quizizz. Penyajian asesmen dilakukan dengan asesmen          mode kertas. Hal ini untuk mengatasi keterbatasan sarana yang dimiliki.

 

Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Station Rotation memiliki potensi besar untuk meningkatkan keterlibatan murid, membangkitkan minat, dan merangsang motivasi belajar. Beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan ini yang mendukung aktivitas murid, meningkatkan sikap kolaboratif, dan membuat murid tertarik serta termotivasi adalah sebagai berikut:

1.      Pilihan dan Keterlibatan Murid: Station Rotation memberikan murid kesempatan untuk memilih aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan minat dan gaya belajar mereka. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan karena murid merasa memiliki kendali atas proses pembelajaran mereka.

2.      Kolaborasi dalam Kelompok: Adanya stasiun-stasiun pembelajaran yang melibatkan kerjasama kelompok dapat meningkatkan sikap kolaboratif murid. Mereka belajar bersama, saling bertukar ide, dan memberikan dukungan satu sama lain, yang dapat membentuk keterampilan sosial dan kolaboratif.

3.      Diferensiasi Instruksional: Dengan menyediakan pilihan kegiatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda, pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan setiap murid mengatasi tantangan sesuai dengan kemampuan mereka. Ini dapat meningkatkan kepercayaan diri murid dan membuat mereka termotivasi untuk mengatasi tugas-tugas yang lebih menantang.

4.      Teknologi sebagai Pendorong Motivasi: Integrasi teknologi dalam stasiun-stasiun pembelajaran, seperti penggunaan perangkat lunak pembelajaran online atau multimedia, dapat menambahkan elemen menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran. Teknologi dapat memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan mendukung daya tarik murid terhadap materi pembelajaran.

5.      Variasi dalam Pendekatan Pembelajaran: Station Rotation memperkenalkan variasi dalam pendekatan pembelajaran, yang dapat mencegah kebosanan dan membuat murid tetap tertarik. Keterlibatan dalam berbagai jenis kegiatan membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan menarik.

Dengan demikian, kesimpulan dari kegiatan pembelajaran Berdiferensiasi melalui Station Rotation adalah bahwa pendekatan ini memiliki potensi besar untuk menciptakan suasana pembelajaran yang positif, membangkitkan rasa ingin tahu murid, dan memotivasi mereka untuk aktif mengikuti pembelajaran.


BERIKUT VIDEO INOVASI PEMBELAJARAN:


0 comments:

Posting Komentar