ROVING EDUKASI #3
Kegiatan ini terinisiasi dalam rangka berbagi praktik baik inovasi pembelajaran berbasis TIK yang telah saya laksanakan. Praktik baik pembelajaran ini, menggunakan strategi diferensiasi konten berdasarkan profil belajar siswa. Saya sengaja mempersiapkan beragam konten pembelajaran, dengan tujuan untuk menarik minat mereka terhadap materi yang akan diajarkan. Selain itu, dengan konten yang beragam, harapannya akan dapat mengakomodir kebutuhan belajar mereka berdasarkan profil belajar yang berbeda satu sama lain. Mengapa Pembelajaran DISTARO SI CANTIK dapat membuat siswa tertarik? Nah, inilah yang menjadi poin penting dalam agenda berbagi, agar inovasi pembelajaran saya dapat diterapkan oleh peserta.
Berangkat dari keresahan saya terkait ekosistem pembelajaran di sekolah yang masih kurang meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran, maka sebagai guru yang telah melaksanakan inovasi pembelajaran, tidak elok rasanya jika saya hanya menyimpan praktik baik sendiri.
Pelaksanaan kegiatan berbagi di forum KKG ini, tidak terlepas dari dukungan Koordinatir Wilayah Kecamatan (Korwilcam), Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Ketua Pusat Kerja Guru (PKG), dan pengurus KKG. Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Mungkono, S.Pd.SD selaku Korwilcam, dan Bapak Mahadi, S,Pd,SD selaku ketua K3S Kecamatan Pagentan. Dalam pembukaan, Bapak Mungkono dan Bapak Mahadi menyampaikan amanat kepada para peserta agar dapat berpartisipasi aktif di kegiatan KKG serta dapat menjadikan kegiatan ini sebagai wadah untuk saling berbagi praktik baik pembelajaran, seperti yang saya lakukan.
1. Penyampaian
tujuan kegiatan berbagi.
2. Penyampaian
latar belakang melakukan inovasi pembelajaran.
3. Pemaparan
langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi.
4. Pemaparan
langkah-langkah strategi station rotation.
5. Pemaparan
langkah-langkah penyusunan konten pembelajaran menggunakan platform
digital dan pencarian konten melalui PMM.
6. Praktik
pembuatan konten pembelajaran berupa audio (kreasi lagu pembelajaran), dan
edugame (menggunakan wordwall atau quizizz).
7. Pemanfaatan PMM sebagai sumber referensi pencarian konten video pembelajaran.
8. Pembimbingan penyusunan konten pembelajaran secara kolaboratif.
9. Praktik Pembelajaran.
10. Pemaparan langkah-langkah upload karya di PMM melalui menu bukti karya.
Mantap
BalasHapusTerima kasih pak Teguh
HapusBu Desi sangat inovatif
BalasHapus